MenuBar

Kata Mutiara

"Keberhasilan merupakan tetesan dari jeri-payah perjuangan, luka, pengorbanan dan hal-hal yang mengejutkan. Kegagalan merupakan tetesan dari kemalasan, kebekuan, kelemahan, kehinaan dan kerendahan"

ANIMASI TULISAN BERJALAN

Monday, January 27, 2025

Clients, Services, dan Engine: Pilar Arsitektur Java yang Harus Anda Kuasai

 proyek sederhana studi kasus dalam bahasa Java tentang Clients, Services, dan Engine:


Penjelasan

  1. Clients

    • Definisi: Klien adalah entitas yang berinteraksi dengan layanan (Services). Ini bisa berupa aplikasi frontend, aplikasi desktop, atau modul lain yang meminta layanan.
    • Peran: Mengirimkan permintaan (requests) ke layanan dan menerima respons (responses).
    • Contoh: Aplikasi yang meminta data dari server, seperti aplikasi pemesanan makanan.
  2. Services

    • Definisi: Layanan bertindak sebagai penghubung antara klien dan logika bisnis inti. Ini bertanggung jawab untuk menerima permintaan dari klien, memprosesnya, dan memberikan respons.
    • Peran: Implementasi logika bisnis, validasi data, atau transformasi data.
    • Contoh: API RESTful yang memproses permintaan pengguna.
  3. Engine

    • Definisi: Komponen inti yang berisi logika bisnis utama atau algoritme kompleks. Engine melakukan operasi di belakang layar, seperti penghitungan atau pemrosesan data.
    • Peran: Menangani proses utama yang diminta oleh layanan.
    • Contoh: Sistem rekomendasi berbasis algoritme.

Flow Proyek

  1. Client mengirimkan permintaan ke Service.
    Contoh: Klien meminta daftar rekomendasi buku.

  2. Service memvalidasi permintaan dan meneruskannya ke Engine.
    Contoh: Layanan memverifikasi ID pengguna dan meneruskan permintaan ke modul rekomendasi.

  3. Engine menjalankan logika bisnis dan mengembalikan hasil ke Service.
    Contoh: Engine menghitung rekomendasi buku berdasarkan riwayat pembelian pengguna.

  4. Service mengembalikan hasil ke Client dalam format yang dapat dimengerti.
    Contoh: Layanan mengemas rekomendasi buku dalam format JSON dan mengirimnya ke klien.


Contoh Proyek Sederhana

Studi Kasus: Rekomendasi Film

Deskripsi: Klien meminta rekomendasi film berdasarkan genre tertentu. Service menerima permintaan ini, meminta Engine untuk menghasilkan rekomendasi, dan mengembalikan hasilnya ke klien.


Struktur Proyek

  1. Client
    • Aplikasi konsol Java atau frontend.
  2. Service
    • Modul Java yang menerima permintaan dari klien.
  3. Engine
    • Modul yang memiliki logika rekomendasi.

Kode Implementasi

  1. Client.java

    public class Client {
        public static void main(String[] args) {
            // Simulasi permintaan klien
            String genre = "Action";
            System.out.println("Requesting movies for genre: " + genre);

            // Menggunakan layanan
            Service service = new Service();
            String[] movies = service.getMovieRecommendations(genre);

            // Menampilkan hasil
            System.out.println("Recommended Movies:");
            for (String movie : movies) {
                System.out.println("- " + movie);
            }
        }
    }
  2. Service.java

    public class Service {
        private Engine engine = new Engine();

        public String[] getMovieRecommendations(String genre) {
            // Validasi permintaan
            if (genre == null || genre.isEmpty()) {
                throw new IllegalArgumentException("Genre cannot be null or empty");
            }

            // Memanggil engine untuk mendapatkan rekomendasi
            return engine.getRecommendations(genre);
        }
    }
  3. Engine.java

    import java.util.HashMap;
    import java.util.Map;

    public class Engine {
        private Map<String, String[]> movieDatabase;

        public Engine() {
            // Database film sederhana
            movieDatabase = new HashMap<>();
            movieDatabase.put("Action", new String[]{"Mad Max", "John Wick", "The Dark Knight"});
            movieDatabase.put("Comedy", new String[]{"Superbad", "Step Brothers", "The Hangover"});
            movieDatabase.put("Drama", new String[]{"The Shawshank Redemption", "Forrest Gump", "The Godfather"});
        }

        public String[] getRecommendations(String genre) {
            // Logika rekomendasi
            return movieDatabase.getOrDefault(genre, new String[]{"No movies found for this genre"});
        }
    }


Alur Eksekusi

  1. Client meminta rekomendasi film untuk genre "Action".
  2. Service memvalidasi genre dan memanggil Engine.
  3. Engine mencari film berdasarkan genre dalam movieDatabase.
  4. Service mengembalikan daftar film ke Client.
  5. Client menampilkan daftar film.

Output

Requesting movies for genre: Action
Recommended Movies:
- Mad Max
- John Wick
- The Dark Knight

Proyek ini adalah implementasi sederhana untuk mempelajari hubungan antara Clients, Services, dan Engine. Anda dapat memperluasnya dengan menambahkan fitur seperti REST API, database, atau logika rekomendasi yang lebih kompleks.

No comments:

Post a Comment

iklan

iklan