MenuBar

Kata Mutiara

"Keberhasilan merupakan tetesan dari jeri-payah perjuangan, luka, pengorbanan dan hal-hal yang mengejutkan. Kegagalan merupakan tetesan dari kemalasan, kebekuan, kelemahan, kehinaan dan kerendahan"

ANIMASI TULISAN BERJALAN

Sunday, July 21, 2024

Pertimbangan Ekonomi Biaya proteksi

 

1.5 Pertimbangan Ekonomi Biaya proteksi

Berapa biaya yang wajar untuk proteksi sistem tenaga? Pertimbangannya mirip dengan perhitungan biaya untuk asuransi (insurance). Biaya ekivalen tahunan untuk rele proteksi ibarat semacam premi asuransi, dan perolehannya adalah sebesar nilai kerugian yang diderita akibat gangguan yang tidak terproteksi, yang terselamatkan dengan adanya rele proteksi terpasang. Maka besar biaya untuk proteksi berkaitan dengan mahal dan pentingnya peralatan yang diberi proteksi.
Pada umumnya harga untuk rele proteksi dan perlengkapannya tidak lebih dari 5% harga peralatan yang diproteksi. Bagi peralatan yang sangat penting seperti generator, transmisi tegangan ekstra tinggi, yang menjadi pertimbangan utamanya adalah keandalan, sehingga harga proteksi sistemnya lebih mahal. Tabel 1.1 berikut menunjukkan nilai relatif biaya proteksi sistem terhadap tegangan
nominal yang digunakan.

No comments:

Post a Comment

iklan

iklan