MenuBar

Kata Mutiara

"Keberhasilan merupakan tetesan dari jeri-payah perjuangan, luka, pengorbanan dan hal-hal yang mengejutkan. Kegagalan merupakan tetesan dari kemalasan, kebekuan, kelemahan, kehinaan dan kerendahan"

ANIMASI TULISAN BERJALAN

Thursday, March 27, 2014

Tips Test kerja schlumberger

Schlumberger adalah sebuah perusahaan yang bergerang dibidang oil services, mungkin bagi teman-teman bekerja di perusahaan ini merupakan suatu kebanggan tersendiri dimana gaji yang ditawarkan diatas gaji rata-rata di indonesia. Saya akan berbagi pengalaman pribadi ikut tes kerja schlumberger pada bulan oktober 2009. Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah kemampuan dalam berbicara tentunya dengan bahasa inggris. Adapun tahap tes yang akan dilalui:
1.communication skills
Proses ini lebih mirip dengan kontes indonesian idol, dimana peserta disuruh untuk mengambil sebuah kertas yang di dalamnya berisi kalimat (bahasa inggris) dan kemudian peserta tersebut menjabarkannya kepada penguji (tentu dengan bahasa inggris pula). Waktu yang diberikan sekitar 3 menit, adapun hal penting dalam proses ini adalah menguji kemampuan kita dalam berbicara inggris (lancar atau tidak) serta kemampuan kita dalam berkomunikasi dan mengolah kata yang sesuai dengan isi kalimat dan spontanitas kita dalam menjawab. Kata yang pernah saya dapatkan yaitu "How To Describe To Your Manager That Your Personal Work with Safety Rule".
2.Written Test & Psychology
Proses ini merupakan tes psikologi dan tes tulis yang tentunya semua dituliskan dalam bahasa inggris. Untuk tes tulis materi yang diujikan tidak jauh dari matematika dasar, fisika dasar, ilmu mekanik dasar dan listrik dasar. Sedagnkan tes psikologi hanya disuruh menggambar sisi koin.
3.Forum Discuss Group
Kontestan yang lolos dari written test tadi akan diundang untuk FDG (diskusi kelompok). Pembentukan kelompok akan disesuaikan oleh panitia rekruitment, biasanya dalam satu kelompok terdiri dari 5-6 orang. Target yang harus dicapai yaitu "Bagaimana Cara Membuat Sebuah Kendaraan Yang Bisa Digunakan di Daerah Gurun Sahara dan Kutub antartika". Waktu yang diberikan untuk diskusi ini maksimal 15 menit dan diobservasi oleh seorang obeserver. Hasil diskusi tadi dipresentasikan satu persatu oleh anggota kelompok tersebut. Tips yang bisa dipersiapkan yaitu tentang interaksi dengan orang-orang yang berbeda background, adat dan budaya (tentu bahasa inggris), dimana dalam diskusi ini kita tidak boleh diam dan terlalu dominan dalam mengajukan sebuah ide atau pendapat (team work is number one). Tips selanjutnya upayakan anda bisa aktif berkomuniaksi dan berinteraksi dan membantu dalam pembuatan proyek tadi. Kebanyakan peserta diskuksi mengangap remeh anggota yang lain (cenderung menyalahkan), hal ini dilarang karena meskipun teman diskusi kita adalah pesaing dalam rekruitmen ini tapi kita harus mengkondisikan bahwa dia adalah teman satu team kita.
4.HRD Interview
Bagi teman-teman yang lolos ke tahap ini, selamat saya ucapkan, karena pengalaman saya, peserta test yang diundang dalam tes ini jumlahnya sudah menurun jauh. Waktu itu saya masuk HRD interview menggugurkan sekitar 650 orang lebih. Adapaun tips dalam interview ini adalah lancar berbahasa inggris, menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan TA dan PKL, apa yang kamu ketahui tentang Schlumberger. Jawablah pertanyaan dengan mantap dan yakin, upayakan jangan menggunakan kata-kata yang mengandung unsur ketidak pastian (ex: may be, dsb). Tujuan wawancara ini adalah lebih menggali kehidupan pribadi dan karakter anda apak sesuai dengan kriteria yang dinginkan.
5.User Interview:
Setelah lolos dari HRD interview peserta akan diundang interview user. User disini adalah calon atasan kita langsung.
6.al-fatihah dan doa kedua orang tua

No comments:

Post a Comment

iklan

iklan