MenuBar

Kata Mutiara

"Keberhasilan merupakan tetesan dari jeri-payah perjuangan, luka, pengorbanan dan hal-hal yang mengejutkan. Kegagalan merupakan tetesan dari kemalasan, kebekuan, kelemahan, kehinaan dan kerendahan"

ANIMASI TULISAN BERJALAN

Tuesday, March 4, 2014

Area Pelayanan Gardu Distribusi


Radius pelayanan suatu gardu adalah jangkauan daerah pelayanan gardu diantara dua gardu. Radius pelayanan didasarkan atas :
1. Batas geografis antar dua gardu
2. Kepadatan beban antar dua Gardu Induk
3. Jatuh tegangan
4. Besar penghantar (maksimum Alumunium 240 mm2)
Konsep titik awal dari suatu jaringan distribusi adalah berawal dari pusat listrik/Gardu Induk terdekat. Jika dengan adanya penambahan pusat listrik/Gardu Induk baru, maka jaringan-jaringan yang berawal dari pusat listrik/Gardu Induk yang telah beroperasi dan melewati pusat listrik/Gardu Induk baru, harus dipasok dari pusat listrik/Gardu Induk baru. Pembagian beban dengan Gardu Induk lama dengan memperhatikan perataan beban dan jatuh tegangan yang sama.
Gardu Distribusi Tipe Beton daerah Padat Beban Tinggi
Pada Gardu Distribusi penghantar yang dipakai untuk jaringan pelayanan adalah kabel jenis Kabel Pilin inti Alumunium dengan penampang terbesar 70 mm2. Jalur pelayanan sebesar 0,30 kms (ΔU = 10%, cos φ =.0,8, coincidence factor = 0,8) menyebar, sehingga untuk daerah pelayanan 1 km2 terdapat 4 buah Gardu Distribusi.
Konstruksi Pelayanan Gardu Distribusi
Konstruksi Pelayanan Gardu Distribusi
Gardu Distribusi daerah Padat Beban Rendah
Untuk daerah padat beban rendah khususnya daerah pedesaan, panjang jalur pelayanan dibatasi oleh tingkat tegangan pelayanan (+ 5%-10%) dan memiliki jalur pelayanan yang memanjang, sehingga daerah pelayanan 1 km terdapat 1 sampai 2 buah Gardu Distribusi dengan menggunakan penghantar jenis Kabel Pilin inti Alumunium dengan penampang terbesar 70 mm2.

No comments:

Post a Comment

iklan

iklan