MenuBar

Kata Mutiara

"Keberhasilan merupakan tetesan dari jeri-payah perjuangan, luka, pengorbanan dan hal-hal yang mengejutkan. Kegagalan merupakan tetesan dari kemalasan, kebekuan, kelemahan, kehinaan dan kerendahan"

ANIMASI TULISAN BERJALAN

Wednesday, January 1, 2014

FHOTOVOLTAIC

WHAT IS FHOTOVOLTAIC?
=>
Teknologi fotovoltaik adalah teknologi yang terbuat dari bahan semikonduktor yang terdiri dari sebuah wilayah yang besar diode p-n junction dimana fotovoltaik ini dapat mengonversikan energi cahaya matahari (foto) menjadi energi listrik secara langsung.peristiwa ini dikenal sebagai efek fotolistrik (photovoltaic effect).

WHY CAN FHOTOVOLTAIC BE APPLIED ALONG USAGE (> 25 TH)
=>
Fhotovoltaic dapat berumur teknis panjang (>25th) karena ketika proses konversi cahaya -listrik tidak ada bagian yang bergerak sehingga dapat merawat ketahanan bahan-bahan fotovoltaic dimana yang bergerak itu sebenarnya energi foton yang bekerja berdasarkan efek fotolistrik.Teknologi fotovoltaic juga merupakan tekologi yang bersih dan berwawasan ramah lingkungan.

WHAT IS USAGE FHOTOVOLTAIC?
=>
Teknologi fotovoltaic memiliki beberapa keuntungan diantaranya :

  • biaya operasional dan perawatan yang rendah (tidak diperlukan pembelian bahan bakar dan keausan dalam proses konversi).
  • tidak menimbulkan polusi udara karena tidak ada proses pembakaran sehingga mengurangi pelepasan gas rumah kaca (greenhouse gas).
  • tidak menimbukan kebisingin karena tidak ada bagian yang bergerak.

WHAT IS FHOTOVOLTAIC CELLS?
=>
Efek fotolistrik sering terjadi pada suatu sel yang tebrbuat dari bahan semikonduktor sehingga sering disebut sebagai fotot voltaik sel (photovoltaic cell) atau sel surya (solar cell).sel fotovoltaik merupakan komponen terkecil di dalam sistem energi surya fotovoltaik (SESF).

Sinar matahari yang menimpa permukaan sel diubah secara langsung menjadi listrik sebagai akibat terjadinya pergerakan pasangan electron-hole sebagaimana digambarkan pada gmabarkan dibawah ini teknologi fotovoltaic dewasa ini masih didominasi oleh jenis sel dengan teknologi kristal , baik mono maupun polikristal , khususnya dari bahan dasar silicon
Image

WHAT JUST FHOTOVOLTAIC MODUL?
=>
Modul fotovoltaik dirakit dari susunan sel surya atau sel fotovltaik yang dirangkai secara susunan seri atau paralel. Produk akhir dari modul fotovoltaik menyerupai bentuk lembaran kaca dengan ketebalan sekitar 6-8 milimeter . Efisiensi pembangkitan energi listrik yang dihasilkan modul fotovoltaik pada skaa komersial saat ini adlah 14-15%.
Image

HOW FHOTOVOLTAIC CAPACITY?
=>
Besar energi fotovoltaik yang dihasilkan modul fotovoltaic bergantung pada intensitas energi matahari setempat dan kapasitas modul fotovoltaik itu sendiri. Didalam perdagangan kapasitas modul fotovoltaik itu sendiri dinyatakan pada penca kapasitasnya,yaitu besarnya daya yang mampu dibangkitkan modul fotovoltaik pada keadaan standard uji (standard test condition -STC) dan  dinytakan dalam satuan watt-peak (Wp.Standard uji ini ditetapkan pada intensitas 1000 W/m2 dan temperatur sel 25derajat celcius.Dalam realita modul fotovoltaik akan bekerja pada radiasi yang berfluktuasi dan suhu sel yang lebih tinggi.Di Indonesia ,besar energi matahari yang jatuh pada permukaan seluas satu meter persegi selama satu hari 3-6 kWh (satuan : kWh/m2). Untuk modul fotovoltaik 100 Wp yang diterapkan pada daerah dengan penyinaran matahari rata-rata 4,5 kWh/m2.hari akan mampu menyediakan energi sekitar 300 Watt-jam/hari.

SUMBER : http://www.gerbangmultindo.co.id/content/view/28/2/


No comments:

Post a Comment

iklan

iklan