MenuBar

Kata Mutiara

"Keberhasilan merupakan tetesan dari jeri-payah perjuangan, luka, pengorbanan dan hal-hal yang mengejutkan. Kegagalan merupakan tetesan dari kemalasan, kebekuan, kelemahan, kehinaan dan kerendahan"

ANIMASI TULISAN BERJALAN

Monday, September 8, 2014

RELAI PROTEKSI pada MOTOR

RELAI PROTEKSI pada MOTOR 
Abstrak
Motor listrik adalah alat untuk mengybah energi listrik menjadi energi mekanik. Proteksi motor sangat variatif dan sedikit berbeda dengan proteksi peralatan sistem tenaga lainnya.Hal ini disebabkan sangat variatifnya ukuran, jenis dan aplikasi motor. Proteksi sangat tergantung dari seberapa berharganya motor tersebut, yang umumnya sangat erat kaitannya dengan ukuran motor. Pada tulisa ini saya akan mengemukakan  beberpa jenis proteksi motor dan aplikasinya. Tulisan ini akan dilakukan untuk motor-motor yang pensaklarannya dilakukan dengan pemutus tenaga, kontaktor atau starter, dan proteksi yang dipergunakan terpisah dari peralatan tersebut dan motor itu sendiri. Artinya proteksi yang akan dibicarakan adalah proteksi bagi motor-motor dengan tegangan masukkan mulai dari 480 sampai 600 Volt atau lebih.
  PROTEKSI MOTOR SECARA UMUM
Proteksi sebuah motor dapat terdiri dari berbagai tipe, bentuk, desain dan dengan berbagai kombinasi, maupun dalam bentuk paket. Masing-masing memiliki fiture yang berbeda yang tidak akan dibicarakan dalam buku ini. Tujuan dasar dan utama dari suatu sistem proteksi motor adalah untuk menjaga motor agar mampu beroperasi diatas kondisi normal tetapi tidak melebihi batasan mekanis dan termis pada waktu beban lebih dan pada waktu motor beroperasi tidak normal serta memiliki sensitivitas pada saat gangguan. Hal ini dapat dicapai dengan cara berikut:
PROTEKSI GANGGUAN FASA
Rele arus lebih tanpa arah seketika dapat dipergunakan untuk proteksi motor induksi. Gangguan yang terjadi umumnya akan menghasilkan arus gangguan yang lebih besar dari arus pengasutan motor rotor terkunci, kecuali untuk gangguan antar belitan. Arus gangguan dapat mengalir diantara belitan, namun sayangnya hanya sedikit bukti yang dapat  dirasakan  pada  terminal  rotor  sampai  gangguan  tersebut  berubah  menjadi gangguan antar fasa atau atara fasa ke tanah.
Motor merupakan peralatan yang terhubung pada bagian akhir dari suatu sistem tenaga  elektrik, oleh karena itu rele instantaneous dapat digunakan dan tidak ada masalah  dalam hal koordinasi. Konstribusi motor induksi sebagai sumber gangguan pada sistem relatif kecil (1/X d + offset) dan akan menghilang dengan cepat dalam beberapa siklus,jadi tidak dibutuhkan rele arah. Ratio CT yang dipilih sebagai masukan rele dipilih sehingga arus maksimum motor disisi sekunder berkisar antara 4 dan 5A. Rele fasa instantaneous harus diset berada diatas arus unsimetri rotor terkunci namun masih dibawah arus gangguan minimum.
PROTEKSI DIFERENSIAL
Proteksi diferensial lebih disukai, namun proteksi jenis ini tidak dapat diperguna kan  untuk semua motor. Untuk motor-motor yang tidak memiliki kedua ujung belitan,  maka rele ini tidak dapat digunakan. Bila kedua belitan tersedia, keunggulan diferensial
dalam sensitivitas, kecepatan, dan sekuritas dilalukan melalui suatu konduktor belitan  melalui suatu CT toroidal seperti diperlihatkan dalam Gambar 9-3a. CT jenis ini telah  dijelaskan dalam bab sebelumnya dan juga dipergunakan untuk generator-generator kecil seperti yang dikemukakan dalam bab 5. Tipikal maksimum bagian terbuka atau
jendela pada CT ini dengan ukuran diameter sebesar 8 inchi. Dengan ratio tetap 50:5 \dan rele arus lebih instantaneous sensitif dapat dihasilkan arus angkat primer sebesar 5A. Harga ini adalah sebuah diferensial keseimbangan fluk dari beban dan magnitude arus pengasutan dan dengan hanya satu CT per fasa, maka unjuk kerja kecocokan CT tidak muncul. Proteksi tanah dan fasa internal diperoleh antara Motor sampai kelokasi CT. Proteksi lain dibutuhkan untuk menghubungkan ke Pemutus Tenaga, Starter, dan seterusnya. Kelemahannya adalah keterbatasan yang disebabkan ukuran jendela CT.
 
                                  Gambar 9-3: Proteksi Diferensial pada Motor dimana lead netral tersedia
a). dengan ring toroidal dan rele arus lebih seketika; 
b). dengan CT konvensional dan rele Diferensial
 Rele Diferensial konvensional dengan CT pada netral dan lead keluaran harus digunakan bilamanan tipe Toroidal tidak dapat dipergunakan. Biasanya, dua set CT dengan tipe dan ratio sama, sehingga rele Diferensial dengan dua belitan penahan (87) digunakan, seperti diperlihatkan dalam Gambar 9-3b. Dengan ratio CT sama, maka arus sekunder yang melalui belitan penahan rele (R) secara esensi sama untuk semua gangguan eksternal dan beban, dan arus operasi (OP) sangat kecil atau mendekati Nol. Untuk gangguan Motor antara kedua set CT, seluruh arus-arus gangguan mengalir melalui belitan operasi (OP) untuk mendapatkan sensitivitas tinggi untuk gangguan fasa maupun tanah, CT sisi jaringan harus seperti pada gambar sehingga zona diferensial termasuk Pemutus dan lead terhubung sebagaimana Motor.
PROTEKSI GANGGUAN TANAH
Sebagaimana pada proteksi Fasa, rele arus lebih seketika digunakan pula untuk proteksi gangguan tanah. Apabila dimungkinkan, metoda yang disediakan adalah menggunakan CT tipe Ring, dengan ketiga konduktor Motor dilewatkan melalui jendela CT. Hal ini memberikan suatu penjumlahan magnetik dari ketiga arus Fasa sehingga keluaran sekunder CT ke rele adalah arus urutan nol (3I0). Hal ini diperlihatkan pada Gambar 9-4a.  Ratio  CT,  umumnya 50:5,  tidak  tergantung  ukuran  Motor,  sedangkan  CTkonvensional   pada   Fasa   harus   seukuran   beban   Motor.   Keuntungannya   adalah sensitivitas tinggi dan sekuritas baik, tetapi dibatasi oleh ukuran konduktor yang dapat dilewatkan pada jendela CT. Seperti disebut pada seksi sebelumnya, tipikal sensitivitas adalah 5A primer.
 
Gambar 9-4: Proteksi gangguan tanah pada Motor ; 
(a). dengan CT tipe Ring dan;
                                         (b). CT tipe konvensional
Untuk Motor dan konduktor ukuran besar, rele Tanah pada netral harus digunakan  seperti pada Gambar 9-4b. Meskipun beban mempengaruhi ratio CT, rele Tanah dapat  disetel lebih sensitif dan baik dibawah beban Motor. Rele 50N, harus diset diatas setiap  kesalahan arus residual yang dapat ditimbulkan karean unjuk kerja CT yang tidak sama  pada  arus  asut  ofset  dengan  perbedaan  tinggi.  Hal  ini  sukar  diketahui,  tetapi kemungkinan munculnya masalah sangat kecil bilamana burden fasa seimbang dan  tegangan CT yang disebabkan oleh arus pengasutan maksimum tidak lebih dari 78%  tegangan klas akurasi CT. Tap rele 50N, rendah dan konsekuensinya burden menjadi  tinggi, dapat dibantu dengan memaksa ketiga CT untuk jenuh berulang kali. Tahanan  pada sirkit netral dapat pula membantu. Hal ini menaikkan burdsen, namun tidak boleh  terlalu tinggi sehingga mengurangi sensitivitas rele. Hal terakhir ini dapat diperbaikik  selama   proses   start-up.   Penundaan   waktu  harus   digunakan   sampai   arus   ofset  hilang/menurun, tetapi penundaan ini putus untuk gangguan aktual.
Dengan pembatasan gangguan tanah, seperti umumnya pada sistem pensuplai Motor,  arus gangguan tanah akan lebih kecil dari gangguan fasa. Jika digunakan pentanahan  resistansi tinggi, arus gangguan tanah dalam orde 1 - 10 A. Proteksi pada Gambar 9.4b  dapat memberikan sensitivitas yang dapat diterima untuk sistem tersebut bilamana arus  gangguan tanah lebih besar dari 5A. Sensitivitas yang lebih baik dapat dicapai bila  digunakan rele Pengali (32N). Tipe ini telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Untuk  penggunaan disini, sebuah rele dengan suatu koil arus dan koil tegangan dapat dipakai.   Rele beroperasi pada perkalian tegangan dan arus, dan untuk penggunaan pada sistem  pentanahan  resistansi  tinggi,  torka  maksimum  terjadi  bilamana  arus  mendahului  tegangan sebesar 450. Koil arus dihubungkan pada netral CT pada tempat rele 50N, dalam Gambar 9-4b, dan koil tegangan menyeberangi resistor pentanahan dan paralel  dengan rele 59G pada gambar sebelumnya. Polaritas dimana rele akan beroperasi  bilamana arus urutan nol mengalir menuju Motor, untuk sistem pentanahan tinggi,  arus pada tahanan pentanahan akan kecil, tetapi tegangan urutan nol menjadi besar.  Tipikal pick-up untuk rele arus lebih pengali adalah berkisar 7 - 8 mA, dengan tegangan  69,5V. Harga ini jauh dibawah level gangguan tanah, yaitu 1 - 10A.
  PROTEKSI THERMAL DAN ROTOR TERKUNCI
Proteksi ini melibatkan aplikasi rele yang sedekat mungkin cocok dengan kurva termal  dan rotor terkunci Motor pada Gambar 9-1. Sekali lagi perlu diingat bahwa kurva termal  Motor adalah pendekatan dari representasi zona kerusakan termis untuk operasi umum  atau normal. Rele harus beroperasi sebelum batasan ini tercapai atau terlampaui. Selama  ini keinginan tersebut dicapai dengan menggunakan rele termis untuk proteksi termis,  dan rele arus lebih waktu terbalik untuk proteksi rotor terkunci. Proteksi ini didesain  dan dikemas dalam berbagai cara, memberikan proteksi yang baik untuk kebanyakan  Motor.
Rele Termis tersedia dalam beberapa bentuk:
1.       Tipe  ‘Replica’ dimana karakteristik pemanasan Motor 
                dekat dengan elemen bimetal diantara unit arus pemanas.
    Rele  ini beroperasi hanya karena arus saja.
      2.  Operasi rele berasal dari koil eksplorasi, biasanya berupa  Tahanan Pengindera            Temperatur atau dalam bahasa aslinya disingkat RTD, disatukan pada belitan Motor.  Rele  beroperasi  hanya  karena  temperatur  belitan  dan  pengindera diletakkan pada Motor oleh desainer pada titik panas yang paling mungkin atau pada areal yang berbahaya. Hal ini biasanya dipakai pada Motor-Motor 250 HP keatas, dan mungkin pula tidak terpasang pada Motor ukuran tertentu, kecuali dinyatakan. 
3. Rele yang beroperasi berdasarkan kombinaso   arus dan temperatur.                         
 

Gambar 9-5: Tipikal proteksi beban lebih, rotor terkunci,
dan gangguan  pada Motor
Perbandingan antara kurva pengasutan Motor dan kurva rele arus lebih waktu terbalik  yang  diplot  bersama  seperti  diperlihatkan  pada  Gambar 9-5,  dapat  memberikan informasi yang salah. Hal ini dapat terjadi dimana ruang antara arus pengasutan dan batas arus rotor terkunci sangat sempit, yang umum terdapat pada Motor besar. Seringkali  pada  kasus  ini,  kelihatannya  mungkin  untuk  menyetel  rele  arus  lebih sehingga karakteristiknya diatas kurva pengasutan Motor dan dibawah batasan arus rotor terkunci, hanya untuk menemukan pada pelayan bahwa rele arus lebih beroperasi pada saat pengasutan normal dilakukan.
Sesungguhnya, kurva pengasutan Motor dan operasi rele adalah dua kurva karakteristik  yang sedikit berbeda. Kurva pengasutan Motor adalah penggambaran dari perubahan  arus terhadap waktu mulai dari saat rotor   terkunci atau kondisi pengasutan sampai arus operasi Motor. Karakteristik operasi rele menyatakan waktu operasi untuk berbagai harga arus konstan. Dengan rele arus lebih di setel pada 1,5 kali arus rotor terkunci atau lebih kecil, yang akan mulai beroperasi pada waktu Motor energise, kecuali arus pengasutan turun dibawah arus pick-up sebelum waktu kerja rele tercapai, hal ini akan menginisiasi Pemutusan yang tidak diinginkan. Waktu operasi rele tidak langsung tersedia dari karakteristiknya. Hal ini merupakan perhitungan yang komplek, namun pabrik telah mengembangkan kriteria bagi penggunaan rele individu.
 MOTOR DAN KETIDAK SEIMBANGAN SISTEM
Penyebab umum ketidak seimbangan pada Motor 3 fasa dikarenakan oleh kehilangan fasa akibat Fuse terbuka, konektor atau konduktor terbuka. Ketidakseimbangan pada beban dapat pula mempengaruhi Motor. Ketidak seimbangan tegangan sebesar 3,5% akan mengakibatkan kenaikan 25% atau lebih temperatur Motor. Hal ini terutama akibat  arus  urutan  negatif  yang  dihasilkan  oleh  ketidak  seimbangan.  Arus  ini menimbulkan fluks pada celah udara Motor, berputar berlawanan arah putaran Motor sesungguhnya. Efek kulit meyebabkan resistansi tinggi, dan seperti disebut diatas, impedansi urutan negatif merupakan hal penting pada harga rotor terkunci. Jadi arus tinggi akan menimbulkan pengaruh pemanasan.
Total pemanasan pada Motor sebanding dengan: I1 t + K I2 t
Dimana I1 dan I2 adalah arus-arus urutan positif dan negatif, dan K
adalah:

Dimana Rr1 dan Rr2 adalah resistansi urutan positif dan negatif dari rotor Motor. ILR arus rotor terkunci dalam pu. Persamaan diatas menunjukkan bahwa komponen urutan negatif mempengaruhi kenaikan temperatur Motor.
Jaringan komponen simetris untuk satu fasa terbuka ditunjukkan pada Gambar 9-7. Ini  adalah sirkit yang merupakan penyederhanaan dari suatu sistem yang direpresentasikan  dengan sebuah sumber dengan impedansinya ZS1 = ZS2. Untuk kasus-kasus spesifik,  sirkit ini dapat diekspansi untuk menunjukkan detail yang ada dari sumber atau beban.  Transformator  dapat  direpresentasikan  dengan  reaktansinya,  XTR  atau  XT. Untuk  keadaan fasa terbuka antara Transformator dan Motor, XT harus ditambahkan secara  seri dengan impedansi sumber sebagai harga ekivalen ZS1 dan ZS2. Bilamana fasa  terbuka terjadi diantara sisitem dan Transformator, XT tidak termasuk dalam ekivalen  sumber, tetapi ditambahkan secara seri dengan impedansi Motor. Sirkit ini untuk Motor  yang tidak ditanahkan, seperti umumnya dipakai. Jaringan urutan nol tidak terlibat  pada keadaan satu fasa terbuka, kecuali kedua sisi sistem maupun Motor ditanahkan.

 

Gambar 9-7: Representasi komponen simetris yang
disederhanakan  pada fasa terbuka .
Distribusi arus untuk fasa terbuka menggunakan jaringan pada Gambar   9-7 yang ditunjukkan dalam Gambar 9-8 untuk beberapa kasus. Tipikal harga perunit impedansi berdasarkan dasar kVA Motor dan adalah:
ZS1=ZS2     =0,05900  pu
ZL1=ZL2     =1,0150  pu untuk beban statik
ZM2 = 0,90250
ZM2 = 0,15850
Sudut ini dimasukkan pada perhitungan, tetapi untuk penyederhanaan diasumsikan seluruh impedansi pada sudut sama dan cenderung tidak berubah. Dengan seluruh harga pada 900, contoh ; IS1 = 0,87 tidak 0,96 pu seperti dalam Gambar 9-8a. Dari arus-arus urutan ini, dapat dilihat bahwa pada kedua sisi terbuka
Ia = I1 + (-I2) = 0.

demikian pula pada Gambar 9-8a, arus Ib dan Ic adalah 1,66 pu.                              Dapat dilihat bahwa fasa terbuka hanya menyebabkan kenaikan arus fasa                 yang relatif kecil, sehingga rele arus lebih tidak mampu mendeteksi fasa terbuka.

 Gambar 9-8: Arus urutan positif dan negatif pada  Kondisi fasa  terbuka dengan     dan tanpa beban         statis : 
(a). Fasa terbuka tanpa beban statis; 
(b). Arus urutan dengan bebanstatis pada bus Motor pada keadaan fasa terbuka disisi sistem Motor dan beban;
 (c).  Arus urutan dengan beban statis pada bus Motor, pada     keadaan fasa terbuka antara Motor dan beban
Apabila beban statik terhubung paralel dengan Motor seperti dalam Gambar 9-7, dan  dihitung dalam contoh pada Gambar 9-8b. Putaran Motor yang masih berkelanjutan  akan  membangkitkan  tegangan  pada  fasa  terbuka.  Hal  ini  sama  saja  dengan  memberikan tegangan secara kontinyu pada beban yang terhubung pada fasa tersebut.  Daya yang dialihkan sepanjang celah udara Motor akan mengurangi daya shft Motor  sehingga terjadi hentakan. Satu contoh memperlihatkan bahwa Motor akan menarik  20% dari rating beban dengan beban statis tiga kali lebih besar dari beban Motor atau  pada 50% dari rating beban dengan beban statis sama dengan beban Motor. Dengan  kata lain, rendahnya impedansi urutan negatif Motor berarti bahwa bagian terbesar dari  arus urutan negatif mengalir ke Motor yang mengakibatkan kenaikan pemanasan.   Distribusi ini ditunjukkan dalam Gambar 9-8b. Arus urutan negatif Motor dapat saja  lebih rendah, seperti dalam Gambar 9-8c, hanya apabila beban statis adalah beban satu  fasa.
Hal mendasar dalam fasa terbuka adalah bahwa arus urutan positif dan negatif sama dan  berlawanan sepanjang arus urutan nol tidak terlibat. Hal ini sangat berguna untuk  mengembangkan/membangkitkan arus tidak seimbang melalui bank Transformator  hubungan delta - wyei. Hal tersebut, seperti    halnya perhitungan pada Gambar 9.8  adalah untuk kondisi sesaat setelah fasa terbuka dan sebelum Motor melambat, stall, atau impedansi internal berubah, dan seterusnya. Arus untuk keadaan fasa terbuka pada sisi primer Transformator wyei - delta yang mensuplai Motor seperti ditunjukkan pada Gambar 9-9 dan dalam Gambar 9-10 keadaan fasa terbuka pada sekunder sisi Motor. Bilamana arus urutan positif tergeser 300 dalam arah melalui bank, arus urutan negatif tergeser 300 dalam arah yang berlawanan.
 
Gambar 9-9: Arus tidak seimbang mengalir melalui bank Transformator delta - wyei menuju  Motor pada kondisi salah satu fasa terbuka disisi sumber
Arah arus yang diperlihatkan pada sirkit diagram untuk kedua gambar benar bagi diagram fasor.  Tanpa spesifikasi fasor diagram tersebut, arus IB pada Gambar 9-9 dapatditunjukkan menuju Motor sebagaimana diperlihatkan., tetapi pada 3 Magnitudnyadengan IC pada          3 mengalir menuju sumber. Ini adalah aliran yang sebenarnya, yang ditunjukkan pada Gambar 9-9 oleh diagram fasor, memperlihatkan bahwa IB mengalir  seperti   diperlihatkan,   tetapi   IC   berbeda 1800   dengan   IB,   keduanya   dalam 3 Magnitudnya.  Jika  IB  dan  IC  ditunjukkan  dalam  arah  berlawanan  dalam  sirkit  diagram, fasor sebenarnya akan menunjukkan IB dan IC sefasa. Arus-arus tersebut dapat  ditacer melalui Transformator dengan menunjukkan ketidakseimbangan, ingat bahwa 1.0 pu arus dibelitan wyei akan muncul sebagai arus 0,577 pu pada belitan delta. 
Gambar 9.10. Arus tidak seimbang mengalir melalui       bank  Transformator delta - wyei pada    kondisi fasa A terbuka disidi Motor atau sekunder
Tegangan urutan negatif bermanfaat pada proteksi Motor. Dari definisi dasar bahwa sanya  V2 = - I2 Z2. Dengan acuan contoh pada Gambar 9-8,
untuk kasus a V2 = 0,96 x 0,15 = 0,144 pu
untuk kasus b V2 = 1,51 x 0,15 = 0,277 pu
untuk kasus c V
2 = 0,12 x 0,15 = 0,018 pu
Hal ini menunjukkan bahwa V2 berguna untuk proteksi kehilangan fasa bilamana fasa terbuka terjadi antara sumber dan titik dimana V2 diukur, tetapi umumnya tegangan sangat kecil bila fasa terbuka terjadi antara titik pengukuran V2 dan Motor. Generalisasi ini  didasarkan  pada  relatif  rendahnya  impedansi  sumber  dibandingkan  dengan impendasi Motor, sebagaimana kasus-kasus yang terjadi. V2 pada Gambar 9-8a, bila diukur pada sisi sumber untuk gangguan fasa terbuka downstream adalah  0,96 x 0,05 = 0,048 pu dibandingkan terhadap fasa terbuka upstream sebesar 0,144 pu.
PROTEKSI TEGANGAN KURANG
Tegangan  kurang  pada  Motor  dapat  berakibat  meningkatkan  arus  dan  kegagaln  pengasutan untuk mencapai rating kecepatan Motor atau kehilangan kecepatan dan  mungkin berhenti berulang, proteksi tegangan kurang termasuk bagian dari peralatan Starter   Motor,   tetapi   sebuah   rele   Tegangan   kurang   waktu   terbalik direkomendasikan untuk digunakan guna memutus kondisi ini agar tidak berlangsung lama dan sebagai rele cadangan.
Gambar 9-11:  Rekomendasi tipikal proteksi Motor : (a) untuk Motor tanpalead netral dan      tersedia RTD; (b). untuk Motor yang memiliki lead netral dan tersedia RTD
                            KESIMPULAN
        Motor  listrik merupakan alat untuk mengubah energi lstrik menjadi energi mekanik / gerak. Pada motor listrik ini sering trjadi gangguan ganguan yang tidak diinginkan, maka untuk melindungi gangguan-gangguan tersebut maka dibuat lah relai proteksi
        Jenis jenis dari gangguan yang mungkin terjadi di motor listrik, yaitu:
1.   Gangguan - phasa dan atau tanah.
2.  Kerusakan termis akibat :
a.  Beban lebih (kontinyu atau intermitent)
b.  Rotor terkunci (gagal asut, atau jamming)
3.  Kondisi tidak normal
a.  Operasi tidak seimbang
b.  Tegangan lebih dan tegangan kurang
c.  Pembalikan phasa                    
d.  Penutupan balik kecepatan tinggi (re-energize sewaktu sedang jalan)
e.  Temperatur yang tidak lazim dan atau lingkungan (dingin, panas, damp)
f.   Urutan pengasutan yang tidak lengkap.
        Untuk melindungi motor listrik tersebut  dari gangguan-gangguan maka digunakan relai seperti relai arus lebih, relai tegangan kurang , dan relai diferensial.

sumber : http://michaelstevanosinurat.blogspot.com/
 

No comments:

Post a Comment

iklan

iklan